KELAS: VII
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargaidan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai
perilaku beriman,dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat
|
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan
semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri
negara dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara
2.2
Menunjukan perilaku sesuai
norma-norma dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat sekitar
2.3
Menunjukkan
sikap toleranterhadap keberagaman
suku, agama, ras, budaya, gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.4
Menunjukkan semangat
persatuan dan kesatuan dalam memahami daerah tempat tinggalnya sebagai bagian
yang utuh dan tak terpisahkan dalam kerangka NKRI
|
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami
sejarah dan semangat komitmen para
pendiri Negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara
3.2
Memahami
sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.3
Memahami
isi alinea Pembukaan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
3.4
Memahami
norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
3.5
Memahami
keberagaman suku, agama, ras, budaya, gender dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
3.6
Memahami
pengertian dan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKR)
3.7
Memahami
karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI)
|
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menyajikan
tulisan singkat tentang “sejarah dan semagat komitmen para pendiri negara
dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara”
4.2
Menyajikan tulisan singkat
tentang sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945
4.3
Membuat
kajian isi Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.4
Menyajikan
hasil pengamatan tentang norma-norma yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat dan berbangsa
4.5
Berinteraksi
dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan
menghargai dalam keberagaman yang
dibingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.6
Menampilkan perilaku kebersatuan
dalam keberagaman suku, agama, ras,
budaya, gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.7
Menyajikan karakteristik daerah tempat tinggalnya
sebagai bagian utuh dari NKRI
|
KELAS: VIII
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai perilaku beriman,dan
bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan
sekolah, masyarakat, bangsa, dan Negara
|
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan semangat dan
komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam
menetapkan Pancasila sebagai dasar negara
2.2
Menunjukkan semangatkebangsaan
dan kebernegaraan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam
dalam menetapkan UUD1945 sebagai landasan konstitusional negara kebangsaan
2.3
Menunjukkan sikap kebersamaan
dalam keberagaman masyarakat sekitar
2.4
Menghargai semangat dan komitmen
sumpah pemuda dalam kehidupan bermasyarakat sebagaimana ditunjukkan oleh
tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928
2.5
Menghargai semangat dan komitmen
persatuan dan kesatuan bangsa untuk memperkuat dan memperkokoh NKRI
|
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.2
Menjelaskan lembaga-lembaga
negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.3
Mendiskusikan tata urutan
peraturan perundang-undangan nasional
3.4
Membedakan norma dan kebiasaan
antardaerah di Indonesia
3.5
Memahami hak asasi manusia dalam
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.6
Mendeskripsikan makna
keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.7
Mendiskusikan unsur-unsur Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
|
4.
Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menyajikan dan
melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
bangsa dalam kehidupan sehari-hari
4.2
Menyajikan
hubungan fungsi antar lembaga-lembaga negara dalam UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
4.3
Melaksanakan
kewajiban sesuai peraturan
perundang-undangan dalam kehidupan sehari-hari
4.4
Melaksanakan
hasil pengamatan tentang norma, dan kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat
Indonesia
4.5
Mengamati
dan melaksanakan kewajiban asasi manusia sebagaimana diatur UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
4.6
Mengamati
dan melakukan kerjasama dalam masyarakat yang beragam dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
4.7
Mengamati
dan menyajikan unsur-unsur NKRI sebagai satu kesatuan yang utuh
|
KELAS: IX
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargai
dan menghayatiajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati perilaku beriman,dan
bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan
pergaulan antar bangsa
|
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan
penghargaan terhadap keluhuran
nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
2.2
Menghargai
hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan
kedamaian
2.3
Menunjukkan
sikap toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara Indonesia
2.4
Meneladani
semangat dan komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda
tahun 1928
2.5
Menghayati
semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan
mempertahankan NKRI
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1
Menelaah
dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.2
Menelaah
pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
3.3
Menelaah
norma hukum dan sistem penegakkan hukum yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara
3.4
Mengemukakan
perbedaan baik dan buruk dalam
bertutur kata, berperilaku, dan bersikap sesuai dengan kandungan nilai dan
moral Pancasila
3.5
Memecahkan
masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat
3.6
Memahami
konteks kesejarahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
|
4.
Mengolah, menyaji,
dan menalardalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menyajikan
dan melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan
hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan jaman
4.2
Menyajikan
tulisan tentang pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.3
Melaksanakan
kewajiban dan menegakkan hukum yang berlaku
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
4.4
Menampilkan
contoh sikap, tutur kata, dan perilaku yang baik, sesuai dengan kandungan
nilai dan moral Pancasila dalam pergaulan hidup sehari-hari di masyarakat, bangsa
dan negara
4.5
Merumuskan
dan mengemukakan ide,gagasanpenyelesaian masalah yang muncul dalam
keberagaman masyarakat
4.6
Menampilkan
kajian dinamika penguatan komitmen mempertahankan NKRI dalam konteks
kesejarahan
|