Monday, May 20, 2013

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA KHONGHUCU DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH DASAR (SD)

KELAS: I

KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Meyakini bahwa orang tua adalah wali Tian bagi anaknya
1.2       Meyakini tanda-tanda gaib ( Gan Sheng) menjelang kelahiran Nabi Kongzi
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Mencontoh teladan Nabi Kongzi semasa kecil (rajin belajar, sikap hormat kepada Tian)
2.2       Membiasakan berdoa pagi-sore, sebelum makan dan  menjelang tidur
2.3       Menghormati orang tua sebagai wujud hormat kepada Tian
2.4       Membiasakan bersyukur dan berterima kasih terhadap pemberian yang diterima. 
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah  
3.1       Menyebutkan istilah  sebutan Tian dalam agama Khonghucu
3.2       Menunjukkan ciptaan-ciptaan Tian
3.3       Menceritakan   keluarga  Kong Shu Lianghe sebelum  kelahiran Nabi Kongzi dan kekhusyukan  ibu Yan Zhengzai dalam bersembahyang kehadirat Tian
3.4       Menyebutkan orang tua dan saudara Nabi Kongzi
3.5       Menceritakan kebiasaan Nabi Kongzi semasa kecil
3.6       Menjelaskan  makna  sikap  Delapan Kebajikan (bade)
3.7       Menyebutkan makna sembahyang dan doa
3.8       Menyebutkan sembahyang dan berdoa kepadaTuhan, Nabi, dan leluhur
3.9       Mengemukakan nilai- nilai penghormatan terhadap Tuhan,Nabi Kongzi, dan leluhur yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan
3.10   Memahami bahwa manusia diciptakan Tian melalui kedua orang tua
3.11   Menjelaskan  manfaat segala ciptaan Tuhan bagi kehidupan manusia.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menyanyikan lagu-lagu rohani yang berkaitan dengan kebesaran Tuhan, Nabi Kongzi dan kebajikan
4.2       Mempraktikkan sikap Delapan Kebajikan ( bade) di lingkungan rumah dan sekolah.
4.3       Menyanyikan lagu-lagu rohani yang berkaitan dengan kebesaran kepada Tuhan, Nabi Kongzi, dan leluhur.


KELAS: II

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Meyakini sikap mau mengalah adalah benih karunia Tian dalam diri manusia yang harus dikembangkan dalam kehidupan ini 
2.           Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,  dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Bertutur kata santun dan jujur kepada saudara
2.2       Menunjukkan sikap hormat kepada guru
2.3       Menunjukkan sikap peduli dan menolong kepada teman
2.4       Menunjukkan sikap mau mengalah dan membantu kepada saudara dan orang yang lebih tua
2.5       Menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap kebutuhan diri sendiri
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1       Meneladani sikap bakti, suka mengalah & menolong dari tokoh Rujiao
3.2       Memahami makna keluarga inti, tugas dan kewajiban masing-masing anggota keluarga
3.3       Menceritakan jasa-jasa orang tua dalam memberikan perawatan dan bimbingan
3.4       Memahami hubungan persaudaraan dengan keluarga besar ayah dan ibu
3.5       Mengemukakan nilai-nilai berkaitan dengan keteladanan Nabi Kongzi dan semangat belajar yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan
3.6       Mengetahui fungsi dan macam-macam dupa (xiang)
3.7       Menjelaskan cara menggunakan dupa (xiang) sesuai dengan keperluannya
3.8       Mengemukakan nilai-nilai berkaitan dengan keteladanan Nabi Kongzi dan semangat belajar terdapat dalam lagu yang dinyanyikan
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 
1.1       Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan keteladanan Nabi Kongzi dan semangat belajar
1.2       Melafalkan ayat-ayat suci dari kitab Si Shu
1.3       Melakukan/mempraktekkan hormat dengan Bai (merangkap tangan) sesuai dengan tingkatan dan keperluaannya
1.4       Melakukan /mempraktekkan hormat dengan membungkukkan badan (Ju Gong)
1.5       Melakukan /mempraktek-kan hormat dengan berlutut (Gui)
1.6       Mendemonstrasikan sembahyang dengan menggunakan dupa (Xiang)


KELAS: III

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Meyakini delapan keimanan sebagai landasan keimanan umat Khonghucu
1.2       Menyakini tanda-tanda khusus (gaib) menjelang wafat Nabi Kongzi
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Meneladani  perilaku luhur Nabi Kongzi  dalam kesehariannya
2.2       Meneladani kesukaan dan ketidaksukaan Nabi Kongzi
2.3       Meneladani perilaku luhur murid-murid Nabi Kongzi
2.4       Menunjukkan sikap menghargai waktu
2.5       Menunjukkan sikap lembut dan penuh perhitungan
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Menyebutkan poin-poin delapan  keimanan
3.2       Menyebutkan perlengkapan yang ada pada altar di Litang/Miao
3.3       Mengidentifikasikan peralatan (piranti) yang ada pada altar.
3.4       Menyebutkan fungsi dari setiap peralatan (Piranti) yang ada pada altar
3.5       Mengemukakan nilai-nilai keteladanan Nabi Kongzi yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan.
3.6       Menceritakan murid-murid utama Nabi Kongzi (Yan Hui , Zi Lu , Zi Gong, Zheng Zi)
3.7       Menceritakan masa kecil kehidupan Mengzi
3.8       Menyebutkan prinsip- prinsip moral yang ditegakkan kembali oleh Mengzi tentang Watak Sejati manusia
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
1.1       Melafalkan poin-poin delapan pengakuan iman sesuai bahasa kitab.
1.2       Menyusun peralatan dan perlengkapan sembahyang di altar.
1.3       Menyanyikan  lagu-lagu berkaitan dengan kelahiran Nabi Kongzi, dan pedoman hidup


KELAS: IV

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1    Meyakini Wahyu Tian yang diterima oleh  para nabi dan raja suci
1.2    Meyakini bahwa nabi Kongzi adalah utusan Tian (Genta Rohani Tian )
2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1    Menunjukkan perilaku sesuai dengan Delapan Kebajikan (Ba De)
2.2    Menunjukkan semangat intropekasi dan memperbaiki diri
3.            Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1    Mengenal Raja Suci  Tang Yao
3.2    Mengenal Raja Suci Yu Shun.
3.3    Mengemukakan teladan Raja Suci Tang Yao dan Raja Suci Yu Shun
3.4    Menceritakan alasan Nabi Kongzi meninggalkan negeri Lu
3.5    Menjelaskan tujuan pengembaraan Nabi Kongzi
3.6    Mengetahui bentuk-bentuk visual kitab suci yang mendasari (Wu Jing)
3.7    Menyebutkan bagian dari kitab suci yang  mendasari (Wu Jing)
3.8    Menjelaskan makna sikap Ba De
3.9    Mengemukakan nilai-nilai pedoman/tuntunan dan semangat hidup yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan.
3.10Menceritakan kisah nabi purba dan raja suci penerima Wahyu Tian dan karya-karya yang ditemukan-Nya
3.11Mengemukakan nilai-nilai pedoman/ tuntunan dan semangat hidup yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan.
3.12Menjelaskan penting sikap dapat dipercaya dalam hidup

4.            Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1  Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan pedoman/ tuntunan dan semangat hidup
4.2  Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan pedoman/ tuntunan dan semangat hidup

No comments:

Post a Comment