KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menerima keberagaman karakteristik individu dalam
kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah
dan sekolah
1.2
Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku
patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan
perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, dan di sekolah.
|
3.1
Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila”
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.3
Mengenal keberagaman karateristik individu di
rumah dan di sekolah
3.4 Mengenal
arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan
pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah
4.3 Mengamati dan
menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
4.4 Mengamati
dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah
|
KELAS: II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik,
psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah
dan sekolah
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan
sekolah
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri
dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman , dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku
toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru sebagai perwujud an moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku
patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan
perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan
beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar,
melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah.
|
3.1 Mengenal simbol-simbol
sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila
3.2 Memahami tata tertib dan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.3 Memahami makna
keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah
3.4 Memahami arti bersatu
dalam keberagaman di rumah dan sekolah
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
1.1 Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan
pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila
1.2 Melaksanakan tata tertib
dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah
1.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan
rumah dan sekolah
1.4 Bermain
peran tentang bersatu dalam keberagaman
di lingkungan rumah dan sekolah
|
KELAS: III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu
dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menghargai kebersamaan
dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya
diri
dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman,tetangga dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri,
berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral
Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku
patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah sekolah dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku
kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Memahami simbol-simbol
sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
3.2 Mengetahui hak dan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.3 Memahami makna
keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat
3.4 Mengetahui arti bersatu
dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1 Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan
pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila
4.2 Melaksanakan kewajiban
sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.3 Berinteraksi dengan
beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat
4.4 Mensimulasikan
bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
|
KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai kebhinneka-tunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa,
pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial,
dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
1.2
Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku,
disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta
maaf dan memberi maaf sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan
dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerdekaan Republik Indonesia sebagai perwujudan
nilai dan moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku yang
sesuai dengan hak dan kewajiban di
rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku
sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di
rumah sekolah dan masyarakat
sekitar
2.4 Menunjukkan perilaku
bersatu sebagai wujud keyakinan bahwa tempat tinggal dan lingkungannya
sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Memahami makna dan
keterkaiatan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara
utuh
3.2 Memahami hak dan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan
masyarakat
3.3 Memahami manfaat
keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat
3.4 Memahami arti bersatu
dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
3.5 Memahami Nilai-nilai
Persatuan pada masa Hindu Buddha
3.6 Memahami keberagaman alam
dan sumber daya di berbagai daerah
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol
Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh
4.2 Melaksanakan kewajiban
sebagai warga di lingkungan rumah,
sekolah dan masyarakat
4.3 Bekerjasama dengan
teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
4.4 Mengelompokkan kesamaan
identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara
adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah,
sekolah dan masyarakat sekitar
4.5 Mensimulasikan
nilai-nilai persatuan pada masa Hindu Buddha dalam kehidupan di masyarakat
4.6 Memetakan keberagaman
sumber daya alam di berbagai daerah untuk menumbuhkan kebanggaan nasional
|
KELAS: V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai semangat
kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam
kehidupan bermasyarakat
1.2 Menghargai kebersamaan
dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan
bermasyarakat dan berbangsa
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
tetangga, dan guru
|
2.1
Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani
mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam
semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai
dan moral Pancasila
2.2
Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum
sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945
2.3
Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan atas dasar
musyawarah mufakat
2.4
Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah,
sekolah, dan masyarakat
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan
mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin
tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Memahami nilai
simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2 Memahami hak kewajiban dan
tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah
3.3 Memahami keanekaragaman
sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan
rumah sekolah dan masyarakat
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan
dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
3.5 Memahami Nilai-nilai
Persatuan pada masa Islam
3.6 Memahami perlunya
saling memenuhi keperluan hidup
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang
mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima
sila Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
4.2 Melaksanakan kewajiban
dan menegakkan aturan di lingkungan rumah, dan sekolah
4.3 Membantu masyarakat
dalam melaksanakan suatu kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan
masyarakat tanpa membedakan agama, suku bangsa, dan sosial ekonomi
4.4 Menerapkan nilai-nilai
persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
4.5 Mensimulasikan
nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat
4.6 Menyajikan dinamika
saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan
nasional
|
KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai semangat
kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.2 Menghargai kebersamaan
dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
tetangga, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku
bertanggungjawab dan rela berkorban dalam keluarga, sekolah dan lingkungan sebagai perwujudan
nilai dan moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku
patuh terhadap tata tertib, dan aturan
sesuai dengan tata urutan peraturan perundang-undangan Indonesia
2.3 Menunjukkan penghargaan
terhadap proses pengambilan keputusan dan komitmen menjalankan hasil
musyawarah mufakat
2.4 Menunjukkan perilaku
bangga sebagai bangsa Indonesia
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan
mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin
tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Memahami moralitas
yang terkandung dalam sila Pancasila di rumah, sekolah, dan lingkungan
masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggungjawab
sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat
sekitar
3.3 Memahami manfaat
keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
yang ada di Indonesia
3.4 Memahami nilai-nilai
persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah, sosial,
dan budaya
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan
pada masa penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan
3.6 Memahami saling
ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Memberikan contoh
pelaksanaan nilai-nilai dan moral Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat
4.2 Melaksanakan kewajiban
menegakkan aturan dan menjaga ketertiban di lingkungan rumah, sekolah dan
masyarakat
4.3 Melaporkan secara lisan
dan tulisan keterlibatan kerja sama dengan anggota masyarakat yang beragam
dalam melaksana kan kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan
kesatuan dalam pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya
4.5 Menerapkan nilai-nilai
persatuan dan kesatuan pada masa penjajahan, pergerakan nasional dan
kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari
4.6 Menyajikan realita
keberagaman untk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan
mengokohkan kehidupan kebangsaan
|
No comments:
Post a Comment