Monday, May 20, 2013

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH DASAR (SD)

KELAS: I

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari
1.2       Menerima keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1       Memiliki sikap hormat dan salam dalam keluarga, sekolah, dan teman bermain
2.2       Menumbuhkan sifat-sifat ketuhanan  dan cara Buddha menyelamatkan makhluk hidup
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1       Mengenali tempat ibadah, rohaniwan, kitab suci, hari raya dan Guru Agung Agama Buddha
3.2       Mengenali simbol-simbol agama Buddha
3.3       Mengetahui silsilah Pangeran Siddharta
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
1.1       Menceritakan peristiwa mimpi Ratu Mahamaya dan kelahiran Pangeran Siddharta
1.2       Menceritakan peristiwa upacara pemberian nama Pangeran Siddharta


KELAS: II

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Menerima kisah tentang kebijaksanaan
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1       Mengembangkan sifat malu berbuat jahat dan takut akibat berbuat jahat sebagai landasan kemoralan
2.2       Memiliki sikap sopan santun dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1       Menceritakan peristiwa membajak sawah
3.2       Membedakan perbuatan baik dan buruk
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 
4.1       Menerapkan kisah tentang kejujuran
4.2       Melaksanakan  macam-macam peraturan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat
4.3       Meneladan kisah tentang  persahabatan
4.4       Menerapkan kisah tentang  kasih sayang
4.5       Menerapkan sifat-sifat luhur Pangeran Siddharta pada masa kanak-kanak


KELAS: III

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Mengamalkan hari-hari raya agama Buddha
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Meneladan tokoh yang berkisahkan pengorbanan
2.2       Menghayati Pancasila Buddhis dalam kehidupan sehari-hari
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Menguraikan manfaat melaksanakan dan akibat melanggar Pancasila Buddhis
3.2       Menjelaskan lima pengorbanan Boddhisattva
3.3       Menguraikan manfaat merayakan hari-hari raya agama Buddha.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan sejarah Pangeran Siddharta pada masa bersekolah
4.2       Menceritakan  semangat belajar Pangeran Siddharta
4.3       Melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab anak terhadap orangtua
4.4       Melaksanakan kewajiban dan tenggung jawab peserta didik terhadap guru


KELAS: IV

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Membiasakan diri untuk selalu melakukan puja bakti setiap hari
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki Dharma yang membuat seseorang menjadi lemah lembut dan baik hati
2.2       Menunjukkan  pertolongan tanpa pamrih dan berterima kasih  kepada orang yang telah memberikan pertolongan
2.3       Mengakui kesalahan, memperbaiki diri, meminta dan memberi maaf 
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Menjelaskan  makna, tujuan, dan manfaat melaksanakan puja bakti
3.2       Mendeskripsikan candi-candi agama Buddha di Indonesia
3.3       Mengidentifikasi candi-candi yang digunakan dalam upacara Waisak dan upaya pelestariannya
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
1.1       Mengungkapkan kembali peristiwa masa remaja dan masa berumah tangga Pangeran Siddharta
1.2       Menceritakan empat peristiwa yang dilihat Pangeran Siddharta
1.3       Menceritakan peristiwa Pelepasan Agung Pangeran Siddharta


KELAS: V

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menerima Hukum Kebenaran yang diajarkan Buddha
1.2       Menerima konsep Hukum Karma dan Kelahiran Kembali
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki sifat kemurahan hati dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud kepedulian sosial
2.2       Menunjukkan  sikap yang tepat saat merawat dan mendoakan orang sakit
2.3       Menunjukkan cara melatih diri untuk menjaga pikiran ketika sedang sakit
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Menjelaskan hakikat dan perbedaan kehidupan menurut hukum kebenaran
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
1.1       Menceritakan masa Petapa Gotama berguru
1.2       Menyajikan cerita peristiwa Petapa Gotama menyiksa diri
1.3       Menceritakan  peristiwa Petapa Gotama digoda oleh mara dan sepuluh bala tentaranya
1.4       Menerapkan cara-cara berdana yang baik dan benar sesuai ajaran Buddha


KELAS: VI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menerima konsep meditasi dalam kegiatan sehari-hari
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Menunjukkan perilaku luhur dan disiplin sebagai dasar untuk melatih meditasi
2.2       Menunjukkan sikap tenang dalam menghadapi persoalan sebagai hasil  pelaksanaan  meditasi pernafasan dan cinta kasih
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Mendeskripsikan  tujuan akhir umat Buddha
3.2       Membedakan surga dengan tujuan akhir
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan kisah perumpamaan tentang kisah Rumah Terbakar
4.2       Memaparkan kisah perumpamaan tentang Orang yang Luka Terkena Panah Beracun
4.3       Menceritakan  kisah perumpamaan tentang Kembalinya Anak yang Hilang”
4.4       Menguraikan lima mimpi Petapa Gotama dan perjumpaannya dengan Sujata
4.5       Menceritakan keajaiban-keajaiban saat Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna
4.6       Melakukan latihan meditasi pernafasan dan cinta kasih dengan benar


No comments:

Post a Comment