KELAS: I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1
Berdoa
sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S. Al-Fatihah
1.2
Meyakini
adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Pengayang.
1.3
Mensyukuri
karunia dan pemberian sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas
1.4
Bersuci sebelum
beribadah
1.5
Membaca
Basmalah setiap memulai aktivitas
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru.
|
2.1
Memiliki
perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat
sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
2.2
Memiliki
perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Al-Ikhlas
2.3
Memiliki
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama
anggota keluarga sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas
2.4
Memiliki
perilaku rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Alaq ayat
1 s.d. 5
2.5
Memiliki
sikap pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi
Muhammad SAW
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengenal pesan-pesan yang terkandung di
dalam Q.S Al Fatihah, Al Ikhlas dan Al ‘Alaq ayat 1 s.d. 5
3.2 Mengenal keesaan
Allah SWT berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan
makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan
sekolah
3.3 Mengenal makna Asmaul Husna: Ar-Rahman,
Ar-Rahim, Al-Malik
3.4 Mengenal makna dua kalimat syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang
pertama
3.5 Mengenal makna do’a sebelum dan sesudah belajar
3.6 Mengenal tata cara bersuci
3.7 Mengenal shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan
3.8 Mengenal kisah keteladanan Nabi Adam A.S
3.9 Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris A.S
3.10 Mengenal kisah keteladanan Nabi Nuh A.S
3.11 Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s
3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad
SAW
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
1.1 Melafalkan
huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara
lengkap
1.2 Melafalkan Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim,
Al-Malik
1.3 Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan
jelas
1.4 Melafalkan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas
1.5 Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan
benar dan jelas.
1.6 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Fatihah dan
Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas
1.7 Menceritakan contoh perilaku kasih sayang sesama teman dalam kehidupan sehari-hari
1.8 Mempraktekkan tata cara bersuci
1.9 Menceritakan kegiatan agama yang dianutnya di
sekitar rumahnya
1.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam A.S
1.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris A.S
1.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh A.S
1.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s
1.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
KELAS: II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1
Berwudhu sebelum shalat
1.2
Melaksanakan
shalat sebagai wujud dari
pemahaman rukun Islam
1.3
Berdo’a
sebelum dan sesudah makan
1.4
Meyakini
adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam.
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru.
|
2.1 Menunjukkan perilaku disiplin sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Ashr
2.2
Menunjukkan
perilaku hidup sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu
2.3 Menunjukkan sikap peduli terhadap sesama
sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha
Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya
yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
3.2 Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
3.3 Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran
menuntut ilmu
3.4 Mengenal hadits yang terkait dengan
perilaku hidup bersih dan sehat
3.5 Mengenal makna kandungan Q.S. Al ‘Ashr
3.6 Mengenal tata
cara shalat dan bacaannya
3.7 Mengenal do’a sebelum dan sesudah wudhu
3.8 Mengenal makna do’a sebelum dan sesudah
makan
3.9 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Shaleh
A.S
3.10 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth A.S
3.11 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S
3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ya’qub
a.s
3.13 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makhorijul huruf.
4.2
Melafalkan Q.S. An-Nas dan Al
‘Ashr dengan benar dan jelas
4.3
Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas
dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4.4
Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi
dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan
4.5
Mempraktekkan wudhu dan do’anya dengan tertib dan benar
4.6
Memperaktekkan shalat dengan tata cara dan bacaan yang benar
4.7
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Shaleh A.S
4.8
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luth A.S
4.9
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S
4.10
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s
4.11 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
KELAS: III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1
Melaksanakan
shalat secara tertib sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
1.2
Berdzikir dan berdoa setelah selesai shalat sebagai wujud dari pemahaman
Q.S. al-Kautsar
1.3
Meyakini
adanya Allah SWT Maha Mengetahui, Maha Melihat dan Maha Mendengar.
|
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
|
2.1
Memiliki
perilaku peduli terhadap sesama sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kautsar.
2.2
Memiliki
sikap disiplin dan tertib sebagai
implementasi pemahaman makna ibadah shalat.
2.3
Memiliki perilaku tawadlu, Ihlas, dan tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
2.4
Memiliki
sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
2.5
Memiliki
sikap rasa ingin tahu, sabar, rela
berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua sebagai implementasi dari pemahaman
kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan
tempat bermain
|
3.1
Mengetahui
keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya
yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
3.2
Mengetahui makna Asmaul Husna: Al-Wahab, Al-‘Alim,
As-Sami’
3.3
Mengetahui
hadits yang terkait dengan perilaku
mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
3.4
Mengerti makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
3.5
Mengerti makna dzikir dan doa setelah shalat
3.6
Mengetahui
hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah
3.7
Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Yusuf A.S
3.8
Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Syu’aib A.S
3.9
Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S (rasa ingin tahu,
sabar, dan rela berkorban, hormat dan
patuh kepada orangtua)
3.10
Mengetahui
sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan nabi
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Membaca
kalimat-kalimat dalam Al-Qur’an dengan benar
4.2
Menulis huruf hijaiyyah dalam Al-Qur’an dengan benar
4.3
Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan lancar
4.4
Mencontohkan
perilaku tawadlu, ihlas, dan mohon petolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
4.5
Mempraktikkan
tata cara shalat, dzikir, dan doa
setelah shalat secara benar
4.6
Menceritakan
pelaksanaan ibadah shalat di sekitar rumah dan sekolah
4.7
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf A.S
4.8
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu’aib A.S
4.9
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S dan
Nabi Ismail A.S
4.10
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Melaksanakan shalat secara tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah SWT.
1.2 Mengamalkan kebajikan
kepada sesama manusia sebagai implementasi dari
pemahaman ibadah shalat
1.3 Menghindari
perilaku tercela sebagai implementasi dari
pemahaman ibadah shalat
1.4 Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah
SWT
1.5 Meyakini adanya Rasul-Rasul Allah SWT
|
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Memiliki sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT yang
tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.
2.2 Memiliki sikap santun dan menghargai teman, baik di
rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.
2.3 Memiliki sikap amanah sebagai implementasi dari
pemahaman kisah keteladan Nabi
Muhammad SAW
2.4 Memiliki sikap pantang menyerah sebagai
implementasi dari kisah keteladanan Nabi Musa A.S
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan
tempat bermain
|
3.1 Mengetahui Allah itu ada melalui pengamatan
terhadap makhluk ciptaan-Nya di
sekitar rumah dan sekolah.
3.2 Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
3.3 Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Adhim
3.4 Memahami makna bacaan sholat
3.5 Mengetahui kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.
3.6
Mengetahui
kisah keteladan Nabi Dzulkifi a.s.
3.7
Mengetahui
kisah keteladan Nabi Harun a.s.
3.8 Mengetahui kisah keteladan Nabi Musa A.S
3.9 Mengetahui kisah
keteladan wali-wali Allah
3.10 Mengetahui sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad SAW
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
1.1
Membaca
Q.S. Al Falaq, Al-Ma’un dan Al-Fil dengan tartil
1.2
Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq, Al-Ma’un dan Al-Fil dengan benar
1.3
Menunjukkan hafalan Q.S. Al Falaq, Al Ma’un dan Al-Fil
dengan lancar.
1.4
Mencontohkan
sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah,
sekolah, dan di masyarakat sekitar
1.5
Menceritakan
pengalaman melaksanakan shalat di rumah,
atau di masjid lingkungan sekitar rumah.
1.6 Menceritakan kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.
1.7 Menceritakan kisah keteladan Nabi Dzulkifi a.s.
1.8
Menceritakan
kisah keteladan Nabi Harun a.s.
1.9
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Musa A.S
1.10 Menceritakan kisah keteladanan wali-wali
Allah
|
KELAS: V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1
Membaca
al-qur’an dengan tartil.
1.2
Menyakini Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman hidup
1.3
Melaksanakan
kewajiban puasa Ramadhan sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.4
Melaksanakan
shalat tarawih dan tadarus Al Quran di bulan Ramadhan sebagai wujud ketaatan kepada Allah
dan rasul
Nya
|
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan
cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1
Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Insyirah
2.2
Memiliki sikap saling mengingatkan dalam
kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tiin
2.3
Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri
sebagai implementasi dari pemahaman puasa Ramadhan
2.4
Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah
keteladan Nabi Muhammad SAW
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca]
serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain .
|
3.1
Mengenal
nama-nama Rasul Allah SWT dan
Rasul Ulul Azmi
3.2
Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya
sebagai implementasi rukun iman
3.3
Mengetahui makna Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan benar
3.4
Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy,
Al-Qayum, Al-Ahad
3.5
Mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia
3.6 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
3.7 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
3.8 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
3.9 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
3.10 Mengetahui kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al Qur’an
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1
Membaca
Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan baik dan benar
4.2
Menulis
kalimat-kalimat dalam Q.S. At-Tin
dan Al-Insyirah dengan baik
dan benar
4.3
Menunjukkan
hafalan Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan baik
dan benar
4.4
Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam
hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tin
4.5
Mencontohkan perilaku suka menolong sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Insyirah
|
KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1
Membaca
al-Qur’an dengan tartil.
1.2
Meyakini adanya Hari Akhir sebagai implementasi dari
pemahaman Rukun Iman
1.3
Menyakini
adanya Qadha dan Qadar
1.4
Menunaikan
kewajiban berzakat sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.5
Berinfaq sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
1.6
Bersedekah
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
|
2.1 Memiliki sikap toleran dan simpati kepada
sesama sebagai implemantasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. Al Kafirun dan
Q.S. Al-Maidah ayat 2
2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir
2.3 Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada
Qadha dan Qadar
2.4 Memiliki sikap fathonah sebagai implementasi dari pemahaman kisah Nabi
Muhammad SAW
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca]
serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain.
|
3.1
Mengetahui
makna Q.S. Al-Kafirun
dan Al-Maidah ayat 2 dengan benar
3.2 Mengerti makna Asmaul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
3.3 Memahami hikmah beriman kepada Hari Akhir yang dapat
membentuk perilaku akhlak mulia
3.4 Memahami hikmah beriman kepada Qadha dan
Qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
3.5 Memahami hikmah zakat , infaq dan sedekah
sebagai implementasi dari rukun Islam
3.6 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yunus
a.s.
3.7 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dzakariya
a.s.
3.8 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yahya
a.s.
3.9 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Isa
3.10 Mengetahui kisah Nabi Muhammad SAW
3.11 Mengetahui kisah keteladanan sahabat-sahabat
Nabi Muhammad SAW
3.12 Mengetahui kisah keteladanan Ashabul Kahfi
sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1 Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah ayat 2 dengan jelas dan benar
4.2 Menulis
Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah ayat 2 dengan benar
4.3 Menyebutkan arti
Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah ayat 2 dengan
benar
4.4 Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah ayat 2
4.5 Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar dalam kehidupan
sehari-hari sebagai implementasi dari
pemahaman rukun Iman
|
No comments:
Post a Comment