Sunday, May 19, 2013

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH DASAR (SD)

KELAS: I

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Menerima ajaran Tri Kaya Parisudha sebagai tuntunan hidup
1.2       Menerima ajaran Subha Karma dan Asubha Karma
1.3       Membaca Mantram-mantram dalam agama Hindu
1.4       Menghafal Mantram-mantram agama Hindu
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Memiliki perilaku jujur melalui ajaran Subha Karma dan memperkecil ajaran Asubha Karma.
2.2       Memiliki perilaku jujur, santun dan bertanggungjawab melalui ajaran perilaku Tri Kaya Parisudha.
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah  
3.1       Mengamati jenis-jenis ciptaan Sang Hyang Widhi.
3.2       Mengamati perbedaan jenis-jenis ciptaan Sang Hyang Widhi dengan hasil karya manusia.
3.3       Mengamati makhluk hidup dengan benda mati.
3.4       Membaca kitab-kitab suci agama Hindu.
3.5       Mengamati perbedaan kitab-kitab suci agama Hindu, kitab-kitab suci agama di Indonesia, dan buku biasa.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Melafalkan lagu keagamaan Hindu
4.2       Menceritakan kisah dan perjalanan orang suci Hindu ke Bali secara singkat
4.3       Mendengarkan lagu keagamaan Hindu

KELAS: II

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Menerima Atma sebagai sumber hidup
1.2       Menerima fungsi dan sifat Atma dalam agama Hindu
1.3       Menerima konsep Tri Murti dalam kehidupan
1.4       Menerima sakti-sakti dalam Tri Murti sebagai sumber kekuatan Dewa Tri Murti
1.5       Menghafalkan puja Tri Sandhya
1.6       Melafalkan Panca Sembah
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1       Memiliki perilaku disiplin dan percaya diri untuk menghindari ajaran Tri Mala dalam kehidupan
2.2       Memiliki perilaku sesuai ajaran Catur Paramitha dalam kehidupan
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1       Mengamati tokoh-tokoh dalam ceritera Ramayana
3.2       Mendengarkan cerita tokoh-tokoh Ramayana yang menegakkan Dharma
3.3       Membaca sejarah lahirnya kawitan Bali Aga
3.4       Melihat ciri-ciri khusus kawitan Bali Aga
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan tokoh-tokoh yang berbuat Dharma dan yang melanggar Dharma
4.2       Menyajikan ajaran Catur Paramitha

KELAS: III

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Menerima konsep Tri Parartha dalam kehidupan
1.2       Menerima konsep Daiwi Sampad dan Asuri Sampad dalam kitab Bhagawadgita sebagai landasan etika moral
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki rasa tanggungjawab terhadap dampak karma baik dan karma buruk dalam kehidupan.
2.2       Memiliki rasa percaya diri dalam berkarma baik dan menghindari karma buruk.
2.3       Memiliki perilaku peduli dan santun sesuai ajaran Tri Parartha dalam kehidupan sehari-hari.
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Mengamati tokoh-tokoh utama dalam Mahabharata
3.2       Membaca peninggalan arkelogis perkembangan dan pertumbuhan agama Hindu di Indonesia
3.3       Mengetahui nama-nama planet dalam tata surya
3.4       Mengetahui nama-nama hari dalam kitab suci Veda
3.5       Mengamati tari profan dan tari sakral Hindu dalam kegiatan keagamaan
3.6       Melihat tari profan dan tari sakral Hindu dalam kegiatan keagamaan
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan setiap bagian kisah dalam Mahabharata secara singkat
4.2       Menceritakan perkembangan dan pertumbuhan agama Hindu di Indonesia secara singkat

KELAS: IV

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menerima ajaran Punarbhawa sebagai bagian dari Sraddha
1.2       Menerima orang-orang suci dalam agama Hindu sebagai penuntun kebenaran
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki perilaku yang disiplin dalam menghindari ajaran Catur Pataka.
2.2       Memiliki sikap santun dalam menghargai orang suci agama Hindu
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Membaca kisah-kisah Sapta Rsi penerima wahyu Veda
3.2       Mengelompokkan wahyu Veda yang diterima oleh Sapta Rsi
3.3       Menyebutkan hari-hari suci agama Hindu.
3.4       Mengkatagorikan hari-hari suci agama Hindu
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan ciri-ciri kelahiran Sorga dan kelahiran Neraka
4.2       Menceritakan pertumbuhan agama Hindu di Indonesia secara singkat
4.3       Menceritakan kejayaan agama Hindu di Indonesia secara singkat
4.4       Menceritakan keruntuhan agama Hindu di Indonesia secara singkat

KELAS: V

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menerima konsep Moksha sebagai tujuan akhir manusia
1.2       Menerima jenis-jenis Mokhsa dalam agama Hindu
1.3       Menjalankan konsep Tri Hita Karana dalam kehidupan
1.4       Menerima Catur Guru sebagai pembentuk etika dalam kehidupan
1.5       Menerima kitab Suci Veda sebagai sumber hukum Hindu
1.6       Menerima dan mengenal kodifikasi Veda dalam kitab suci
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki perilaku peduli, dan tanggungjawab  dengan cara menerapkan ajaran Tri Hita Karana dalam kehidupan
2.2       Memiliki perilaku jujur, santun, dan disiplin dengan mengaplikasikan sikap bhakti kepada Catur Guru.
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Melihat tempat-tempat  suci dalam agama Hindu
3.2       Mengamati ciri khusus perbedaan tempat-tempat suci agama Hindu
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan bukti peninggalan sejarah masa pertumbuhan agama Hindu Nusantara secara singkat
4.2       Menyajikan bukti peninggalan sejarah masa kejayaan agama Hindu Nusantara

KELAS: VI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menerima ajaran Tri Rna sebagai hutang manusia yang dibawa sejak lahir
1.2       Menerima kitab Bhagavadgita sebagai pancama Veda
1.3       Menjalankan ajaran Tattwamasi dalam kehidupan
1.4       Menerima dan mengendalikan ajaran Sad Ripu dalam kehidupan sehari-hari
1.5       Membaca isi pokok kitab suci Bhagavadgita
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki perilaku peduli dalam berinteraksi dengan keluarga, teman melalui korelasinya Tattwamasi dengan Itihasa
2.2       Memiliki rasa tanggungjawab terhadap akibat dari prilaku Sad Ripu dalam cerita Itihasa
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Mengamati hubungan Tri Rna dengan Panca Yadnya dalam kehidupan
3.2       Melihat korelasi bagian-bagian Panca Sraddha sebagai penguat keyakinan
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mendemontrasikan sloka-sloka Bhagavadgita
4.2       Mempraktikkan ajaran Tattwamasi dalam kehidupan
4.3       Menceritakan korelasi bagian-bagian panca Sraddha melalui Itihasa secara singkat

No comments:

Post a Comment