Saturday, May 18, 2013

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH DASAR (SD)

KELAS: I

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Memahami Allah sebagai pencipta yang Maha Baik
1.2       Memahami kisah kelahiran Yesus sebagai wujud kasih Allah yang Mahabaik dan memelihara
1.3       Memahami doa-doa harian sebagai ungkapan syukur kepada Allah 
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Mengenal identitas diri yang khas sebagai anugerah Allah dan mensyukurinya
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah  
3.1       Memahami lingkungan  rumah sebagai tempat bertumbuh dan berkembang
3.2       Memahami lingkungan sekolah sebagai tempat bertumbuh dan berkembang
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mengenal anggota tubuh yang dimilikinya dan mensyukurinya sebagai karunia Allah
4.2       Berdoa sesuai dengan  rumusan doa harian

KELAS: II

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Mengenal karya keselamatan Allah yang dialami oleh tokoh-tokoh sebelum Yesus Kristus, seperti: Kain dan Habel, Nabi Nuh, Abraham, Esau dan Yakub
1.2       Meneladani tokoh-tokoh Perjanjian Baru dalam kisah kanak-kanak Yesus
2.           Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Mensyukuri kehadiran  sanak saudara sebagai karunia Allah dalam memperkembangkan dirinya
2.2       Mensyukuri kehadiran  teman sebagai karunia Allah dalam memperkembangkan dirinya
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1       Menyatakan iman kepada Allah melalui doa
3.2       Mengenal sikap-sikap doa dan maknanya
3.3       Memperagakan sikap-sikap doa
3.4       Mengenal tetangga sebagai pendukung pertumbuhan dan perkembangan dirinya
3.5       Menciptakan kerukunan dengan tetangga sebagai bentuk relasi kasih dengan sesama
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 


KELAS: III

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Mengenal karya keselamatan Allah yang dialami oleh  tokoh-tokoh sebelum Yesus Kristus, seperti:Yakub, Yusuf dan Musa dan Perjanjian Baru: Yohanes Pembaptis
1.2       Meneladani Yesus dan karya-Nya melalui kisah  percakapan Yesus dengan Nikodemus, penggandaan lima roti - dua ikan, dan kisah anak yang hilang
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memahami  bahwa dirinya mengalami pertumbuhan dan perkembangan dan mensyukurinya sebagai anugerah Allah
2.2       Menghargai bahwa dirinya memiliki kemampuan untuk  membedakan perbuatan baik dan buruk
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Mengenal makna dan tata perayaan sakramen  Baptis, Ekaristi dan Tobat sebagai tanda keselamatan Allah kepada manusia
3.2       Terlibat dalam kegiatan Gereja sebagai tanggapan atas karya keselamatan Allah
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mengenal tokoh- tokoh,budaya, dan kebiasaan masyarakat sebagai wujud karya keselamatan Allah
4.2       Terlibat dalam kegiatan masyarakat sebagai perwujudan kesadaran dirinya yang merupakan bagian dari masyarakat

KELAS : IV

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Memahami  Allah yang setia pada janjiNya dengan memberikan Sepuluh Firman sebagai pedoman hidup
1.2       Memahami makna perumpamaan-perumpamaan dan mukjizat-mukjizat Yesus sebagai karya keselamatan Allah 
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memahami kekhasan diri secara fisik sebagai anugerah Allah 
2.2       Memahami kemampuan dan keterbatasan diri agar dapat memperkembangkan diri 
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Memahami Firman Allah yang melandasi relasi dengan orang tua
3.2       Memahami Firman Allah yang melandasi dalam relasi dengan  sesama
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Memahami  aneka doa dalam Gereja sebagai ungkapan iman kepada Allah
4.2       Berdoa secara spontan dalam doa pribadi  dan doa bersama.

KELAS : V

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Meneladani tokoh-tokoh Perjanjian Lama dalam  kisah Daud, Salomo dan Ester.
1.2       Memahami makna  karya keselamatan  Allah melalui peristiwa Yesus yang sengsara, wafat dan bangkit
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki seturut citra Allah.
2.2       Menghargai sesama baik perempuan maupun laki-laki sebagai partner yang saling membutuhkan dan melengkapi
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Memahami hidup baru dalam Rohkudus yang terungkap melalui doa-doa
3.2       Mewujudkan karya Rohkudus dalam kehidupan menggereja
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Memahami buah-buah Roh yang dibutuhkan demi pengembangan kehidupan bersama dalam masyarakat
4.2       Mewujudkan nilai-nilai  kejujuran dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai tanggapan atas karya Rohkudus

KELAS : VI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Memahami karya keselamatan Allah melalui para nabi
1.2       Memahami karya keselamatan Allah melalui kata-kata, tindakan, dan pribadi Yesus Kristus
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Bangga menjadi warga negara Indonesia yang memiliki keanekaragaman sebagai karunia Allah
2.2       Memahami diri sebagai bagian warga dunia dan melibatkan diri dalam berbagai keprihatinan yang ada.
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Memahami ciri-ciri Gereja sebagai sakramen keselamatan bagi dunia
3.2       Melibatkan diri dalam karya pelayanan Gereja.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
1.1       Memahami aneka tantangan zaman di tengah masyarakat
1.2       Menanggapi aneka tantangan zaman berdasarkan ajaran Gereja dan hati nurani

No comments:

Post a Comment